Selasa, 25 Agustus 2015

DOLANAN KE PULAU TIKUS BENGKULU YUK

Sensasi Pulau Tikus di Kota Bengkulu

Liburan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa stres seseorang. Otak akan menjadi relax dan fresh setelah kita melakukan hal-hal baru dan menyenangkan tentunya. Kali ini Inga Nidia mau ngajak kamu berlibur  ke Pulau Tikus (Mouse Island). Letaknya di kota Bengkulu, looh ada ya Pulau di kota??? ya ada dong, jadi kamu ga usah jauh-jauh kalau mau main ke Pulau.
Btw kok namanya Pulau Tikus? Hmmm namanya aja aneh, Emangnya pulau ini banyak tikusnya gitu? Atau tempat penangkaran tikus???  Bukan gaess,  itu namanya doang kok, jadi ga usah takut ya.
 Pualu Tikus ini mempunyai sejarah tersendiri bagi kota Bengkulu, menurut cerita, sewaktu zaman penjajahan dulu ada jalan terowongan yang menghubungkan  daratan kota Bengkulu dengan pulau mini yang berjarak kurang lebih 10 km dari pusat kota Bengkulu ini.  Namun samapai sekarang belum ada yang bisa membuktikan kebenarannya.
   
Sebenernya warna lautnya hijau, biru, jernih,dan  bening bgt dah pokoknya, efek foto-fotonya pake kamera hp doang, maklum yaa




sebenernya spot yang banyak ikan dan terumbu karangnya banyak, cuma aku beraninya disini aja


Pulau berpasir putih ini merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kota Bengkulu, jadi ga perlu jauh jauh untuk menikmati sensasi  indahnya pulau  ini. Dari kota Bengkulu, anda mempunyai beberapa tempat pilihan untuk menyebrang ke Pulau Tikus ini, seperti dari Tapak Paderi, pantai Malabro, atau bisa juga langsung ke Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Jarak tempuhnya kurang lebih berkisar 30-45 menit saja,  banyak agen travel  yang menawarka berwisata ke Pulau Tikus ini, sebenarnaya harganya variatif sekali, Dulu saya pernah di tawarkan gratis ke Pulau ini, tapi yah namanya gratis ga pake fsilitas lengkap heheh, ada juga yang menawarkan tour seharga 150 ribu rupiah biasanya hanya mendapakan fasilitas jaket pelampung,  transportasi boat, serta air mineral. Ada yang 200 ribu, 250 dan lain-lain. Tergantung fasilitas yang ditawarkan juga sih guys, seperti  Homestay, jaket pelampung, makan siang, minuman, snack, snorkeling,  foto underwater, guide  dan lain-lain. Makin lengkap biasaya makin bagus juga harganya hihi... Tapi, Ga bakal nyesel deh kalau kamu liburan di Pulau Tikus, apa lagi bagi kamu yang hoby tantangan, disini kamu bisa mencoba snorkeling  di pandu oleh guidenya. Tempatnya masih asri dan alami, banyak karang-karang, anemon laut, ikan badut, teripang, bintang laut , dan masih banyak yang lain. Pokoknya seru banget deh, kudu dicoba. Nah bagi kamu yang suka mancing juga  harus nyoba sensasi mancing di Pulau ini, banyak banget ni pengunjung yang mancing disini, karena tempatnya bagus, airnya jernih, jadi kelihatan ikannya. Apa lagi buat kamu yang hoby renang airnya di sini tenang, ombaknya tidak terlalu besar, lautnya asri alami, bahakan kamu bisa berenang bersama ikan-ikan yang cantik disini.
Indahnya Pulau Tikus bahkan tak jarang menjadi magnet tersendiri bagi para muda mudi yang ingin mengambil foto praweding disni.
 Namun sayang, Dulu sempat ada kapal-kapal besar yang bongkar muat di Pulau ini, akibatnya tidak sedikit terumbu karang yang rusak karenanya dan juga guys Pulau ini semakin lama juga semakin mengecil, karena abrasi yang tak terhindarkan, kata Pak Efendi yang bertugas menjaga Pulau ini sebenarnya Pulau Tikus masih menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, kata beliau, dulu juga sempat ada orang-orang yang mengukur di pantai ini, mungkin untuk  mengukur proyek beton  penahan abrasi, tapi sampai saat ini, belum ada pembangunan yang diharapkan itu, mereka juga takut abrasi ini bisa menghilangkan pulau ini,  karena beberapa waktu yang lalu,  ada beberapa bangunan rumah dan dermaga yang dulu ada kini sudah hancur dan rusak karena abrasi. Itu mangkanya Pulau ini mungkin agak terkesan kurang terpelihara,
Oh ya  menurut cerita, dulu di pulau inin terdapat banyak sekali kuburan penjajah, namun sudah hilang karena abrasi tadi. Sikap pengunjung yang juga acuh seperti membuang sampah sembarangan membuat pulau ini menjadi kurang indah.
Oh ya  dulu ternyata ada mitos juga loh  di Pulau mungil ini, kata Pak Efendi, di tempat ini  ada orang yang dikeramatkan loh.
 Oh ya ada satu lagi saran yang harus diperhatikan juga bagi guide nya, untuk melarang pengunung untuk menginjak terumbu karang  yang ada di Pulau ini, apa lagi mematahkannnya dengan sengaja, karena dengan sama-sama menjaga ekosistem laut di Pulau tikus ini, mudah-mudahan tempat ini terus bertahan dan dapat di nikmati oleh penerus kita nanti.


TIPS BUAT KAMU YANG INGIN BERLIBUR KE PULAU:
1. Jangan lupa pakai Sunblock, kalo yang ga biasa panas-panasan, yang doyan ya ga usah hehe
2. Jangan lupa sarapan
3. Jangan lupa pakai topi
4. Bawa Cemilan
5. Yang mau snorkeling pakai baju panjang, biar ga kena terumbu karang yang tajem
6. Sayang ga foto-foto pas snorkeling, jadi jangan lupa bawa kamera underwater yak, kayak gopro gitu juga cakep
7. Jangan buang sampah sembarangan. Terapkan SAPTA PESONA
8. jangan lupa ibadah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar